Senin, 16 April 2018

Hikmah Dibalik Goresan Gagasan "Jawa Pos RADAR MALANG"


Selamat siang guys , , 
Kali ini mata kuliah business PRACTICE dalam kuliah Tamu berbagi informasi pentingnya dunia jurnalistik pada diri mahasiswa, Kamis (12/04). Acara yang menghadirkan Direktur Jawa Pos Radar Malang, Kurniawan Muhammad.
kegiatan ini bermaksud mengenalkan jurnalisme dalam diri mahasiswanya agar dapat melihat permasalahan bangsa lebih jelas. Berharap nantinya mahasiswa dapat menggunakan asas-asas jurnalisme dalam kehidupan sehari-harinya.

Menurut Kurniawan, profesi wartawan dengan guru atau tenaga pendidik mempunyai kesamaan. “Pertama, sama-sama profesi yang membanggakan, kemudian juga sama-sama mempunyai tugas mulia, yakni mencerdaskan bangsa,” katanya.
JAWA POS 
RADAR MALANG
Jawa Pos didirikan oleh The Chung Shen pada 1 Juli 1949 dengan nama Djava-Post, Bisnis The Chung Shen di bidang surat kabar tidak selamanya mulus. Pada akhir tahun 1970-an, Omzet jawa Pos mengalami kemerosotan yang tajam dan akhirnya The Chung Shen akhirnya memutuskan untuk menjual Jawa Pos. Dia merasa tidak mampu lagi mengurus perusahaannya. 

Sirkulasi Jawa Pos menyebar hingga ke seluruh provinsi Jawa TimurBali, dan sebagian Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Jawa Pos terbit dalam beberapa edisi. Saat ini Jawa Pos memiliki 15 "Radar", yang masing-masing memiliki redaksi sendiri di kotanya, salah satunya Radar Malang yakni sebuah surat kabar harian yang terbit di Malang, Indonesia. Surat kabar ini termasuk dalam grup Jawa Pos. Kantor pusatnya terletak di kota Malang. Koran ini pertama kali terbit sejak 15 Desember tahun 1999.

Radar Malang berdiri di bawah naungan usaha PT. Malang Intermedia Pers. Radar Malang terdiri dari tiga divisi kerja, antara lain : Bagian Redaksi, Bagian Iklan dan Bagian Pemasaran. Di luar Bagian tersebut, Radar Malang telah memiliki tim event organizer (EO) berwenang mengerjakan beragam kegiatan off print Radar Malang yang bekerja sama dengan mitra kerja.

PERAN PENTING 
JAWA POS RADAR MALANG
Radar Malang menyajikan informasi berita, hiburan, politik, juga menjadi media yang tepat dalam mempromosikan suatu barang atau jasa. Peranan iklan dalam sebuah media cetak atau koran sangat penting karena merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar. Bahkan masyarakat yang tidak hobi membaca koran, pada umumnya hanya membeli koran untuk melihat iklan saja. Begitu juga bagi masyarakat yang tidak berlangganan koran, mereka membeli koran pada hari-hari tertentu saja
  1. Visi
Visi radar malang adalah media yang menjembatani informasi antar pemerintah dengan masyarakat serta mengawasi jalannya penegakan reformasi dan otonomi daerah.
  1. Misi
Misi yang dibawa Radar Malang adalah  
a.       Misi ideologi
Mendorong terciptanya kerukunan antar umat beragama
b.      Misi politik
Pihak kontrol atas pemerintah darah agar dapat mewakili rakyat.
c.       Misi ekonomi
Menjadi bagian masyarakat yang dapat menciptakan lapangan kerja.
d.      Misi sosial
      Budaya Menumbuhkan sikap rasa cinta terhadap kebudayaan kota Malang.

Pesan :
Jika Ingin Mengenal Dunia Maka Membacalah.
 Jika Ingin Dikenal Dunia Maka Menulislah.

Semoga bermanfaat guys,,, !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar